Ini 5 Kriteria dan Syarat Sapi Qurban yang Harus Diperhatikan

Tak terasa hampir satu bulan lagi kita akan bertemu dengan hari raya Idul Adha. Bagaimana, apa Anda telah mempersiapkan hewan Qurban Anda? Ada poly yg menyediakan jasa jual sapi qurban, namun sebelum membeli beberapa syarat dan kriteria ini dia patut Anda perhatikan.

1. Memenuhi Syarat Batas Umur Sesuai Syariat
Sapi ataupun hewan qurban lainnya yang akan disembelih harus dipastikan telah memenuhi usia yang diperbolehkan oleh syariat. Pastikan sapi telah memasuki usia musinnah (dewasa) yg menurut Imam Hanafi, Imam Hambali & Imam Syafi’I adalah sapi yang sudah berusia dua tahun.

Sapi simmental

Salah satu pertanda sapi sudah memasuki usia musinnah merupakan sudah tumbuhnya sepasang gigi permanen. Usia ini dipilih lantaran sapi telah memasuki usia dewasa dan umumnya sedang pada syarat terbaik. Pada usia ini jua sapi mempunyai berat yang proporsional buat disembelih.

2. Memiliki Kondisi Kesehatan yg Baik
Sapi qurban haruslah memiliki kesehatan yg baik serta bebas menurut aib dan cacat. Ada empat jenis fauna yang diharamkan buat dikurbankan yaitu fauna yang buta sebelah yang kentara kebutaannya. Memiliki stigma pada bagian kaki sebagai akibatnya tampak pincang saat berjalan, atau memiliki sakit yg menganggu kualitas dagingnya.

Sedangkan fauna khususnya sapi yg akan dikurbankan haruslah mempunyai syarat kesehatan yg baik & bentuk fisik yg paripurna. Ciri-karakteristik sapi yang kondisi kesehatannya baik merupakan lubang verbal, mata, hidung, pendengaran sampai anus higienis & normal. Elastisitas kulit sapi baik yang berarti sapi nir mengalami kekurangan cairan.

Tidak memiliki luka atau borok di sekitar tubuhnya. Bergerak aktif jua mau makan dan minum dengan normal. Para ulama pula memfatwakan bahwa fauna kurban nir boleh memiliki cacat pada bagian telinga & ekor. Apabila Anda berniat buat mencari sapi qurban, pilihlah yang memenuhi kriteria kesehatan di atas.

3. Memiliki Berat yg Proporsional
Sapi qurban usahakan memiliki berat yang proporsional, gemuk & mempunyai daging yg banyak. Ini dikarenakan sapi yg akan disembelih nantinya akan dibagikan dalam yg membutuhkan, sehingga disunahkan untuk menentukan sapi yang gemuk & tidak kurus.

Diutamakan Memilih Sapi Jantan daripada Betina
Rasulullah s.A.W menyunnahkan untuk menyembelih hewan jantan. Serta melarang menyembelih sapi yg baru melahirkan atau dalam keadaan hamil. Sapi jantan lebih primer karena selain mempunyai tanduk, sapi jantan lebih enak dagingnya & gampang diolah.

Tetapi jika sapi yg tersedia hanya sapi betina, Anda tetap boleh menyembelihnya dengan memerhatikan dua kondisi di atas yaitu tidak pada keadaan hamil atau baru melahirkan. Pastikan juga sapi betina tersebut memenuhi kondisi-syarat sapi qurban di atas.

Lima. Sapi Bisa Disembelih Untuk 7 Orang
Berbeda menggunakan kambing yang hanya sanggup disembelih buat satu orang, sapi sanggup digunakan buat qurban bagi 7 orang. Menurut para ulama’, cara patungan qurban seperti ini lebih disukai karena memiliki poly maslahat. Salah satunya lantaran daging sapi lebih disukai serta proses penyembelihannya nir membutuhkan ketika lama .

Bandingkan jika 7 orang tersebut menetapkan berkurban menggunakan kambing buat diri masing-masing. Penyembelihan 7 ekor kambing tentu membutuhkan waktu lebih usang dibanding menyembelih satu ekor sapi.

Itulah beberapa syarat dan kriteria yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sapi qurban. Untuk mendapatkan sapi yang berkualitas, Global Qurban menyediakan jasa jual sapi qurban yg tentu saja sudah memenuhi banyak sekali kondisi pada atas.

Leave a comment